Meningkatkan Percaya Diri Anak Berkebutuhan Khusus
Cara meningkatkan percaya diri anak berkebutuhan khusus (pixabay/khamkhor)

Meningkatkan Percaya Diri Anak Berkebutuhan Khusus

Posted on

HELOBUN.COM — Para orang tua sering khawatir jika anak-anak mereka merasa kurang percaya diri, terlebih untuk anak berkebutuhan khusus.

Seperti diketahui, mempunyai anak berkebutuhan khusus tidak lah mudah. Akan tetapi, kasih sayang orang tua penting untuk perkembangan sang buah hati. Oleh karena itu, orang tua mesti belajar cara mendampingi sang anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Anak berkebutuhan khusus, seperti dilansir dari alodokter.com, yakni anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, dan emosional. Hal itu berpengaruh signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangan sang buah hati dibandingkan dengan anak-anak seusia.

Kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus perlu ditumbuhkan agar anak lebih menerima dan mencintai dirinya. Tanpa kepercayaan diri itu, sang anak biasanya bersikap murung.

Ketika anak berkebutuhan khusus sudah memiliki rasa percaya diri, ia akan lebih berani menampakkan dirinya, berkumpul dengan anak-anak lainnya. Juga, mereka akan berani berekspresi karena telah percaya dengan kemampuan dirinya.

Namun, menumbuhkan rasa percaya diri ini tentunya tidak lah mudah. Orang tua memiliki peran penting dalam membantu anak menumbuhkan rasa percaya dirinya.

Berikut ini, Helobun merangkum tips menumbuhkan rasa percaya diri anak berkebutuhan khusus yang dirangkum dari berbagai sumber.

Menerima kondisi anak

Sebelum membantu anak yang memiliki kebutuhan khusus untuk menumbuhkan rasa percaya diri, sebagai orang tua harus bisa menerima dan mencintai kondisi anak apa adanya. Orang tua harus bisa memahami anak terlebih dahulu.

Jika hal ini sudah dilakukan, orang tua akan lebih fokus melihat kelebihan anak. Memupuk rasa percaya diri pada anak akan terasa lebih mudah.


Buat anak merasa dicintai

Mengurus anak yang memiliki kebutuhan khusus memang membutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra. Keterbatasan mereka seringkali membuat orangtua kewalahan.

Namun hal itu jangan sampai menjadikan anak sebagai pelarian emosi anda. Anak-anak berkebutuhan khusus lebih banyak butuh kasih sayang. Ketika anak merasa hangat dan dicintai, mereka akan merasa dirinya dihargai, rasa percaya dirinya mulai tumbuh.

Melatih kemampuan anak


Untuk meningkatkan rasa percaya diri pada sang anak, orang tua perlu melatih kemampuan anak. Ajak buah hati untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti menggambar, memasak, dan menciptakan sesuatu.

Anak-anak akan merasa bangga setelah melihat hasil kreasi mereka. Rasa bangga itu tak jarang membuat anak memamerkan ciptaan mereka pada tiap orang yang mereka temui.

Beri pujian


Setelah sukses melatih kemampuan anak, jangan lupa beri pujian pada mereka. Berikan apresiasi pada hal-hal baik yang dilakukan anak.

Pujian ini akan membuat rasa percaya diri pada anak bertumbuh. Tiap pujian yang diberikan ketika mereka berhasil melakukan sesuatu, akan menumbuhkan rasa percaya diri pada kemampuan mereka.


Melatih keberanian dan kemandirian anak

Anak yang memiliki kebutuhan khusus butuh pelatihan berani menampakkan diri, berkumpul dengan teman-temannya. Orang tua bisa mengajak anak ke supermarket terdekat, memintanya untuk mengambil belanjaannya sendiri. Tentu, dengan pantauan orangtua.

Sementara kemandirian anak bisa dilatih dengan mengajari dan membiasakan buah hati untuk melakukan hal-hal daily sendiri, seperti makan dan mandi. Dengan begitu, anak-anak merasa percaya dirinya bisa mengerjakan sesuatu.

One thought on “Meningkatkan Percaya Diri Anak Berkebutuhan Khusus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *